14 Makanan Dan Minuman Penambah Konsentrasi

Konsentrasi merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk sukses dalam karir pekerjaan. Jika Anda memiliki konsentrasi yang kuat terhadap suatu hal, otomatis Anda akan fokus dalam mengerjakan hal tersebut. Hasilnya, bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik.
Dalam proses pembelajaran pun konsentrasi sangat dibutuhkan. Jika Anda atau anak Anda ingin mendapat prestasi di sekolah, maka kunci utamanya yaitu konsentrasi. Namun, sebagian orang sangat susah untuk berkonsentrasi sehingga mereka akan kesulitan dalam mengerjakan sesuatu karena kurang fokus.
Cara untuk mudah berkonsentrasi yaitu selalu konsumsi makanan dan minuman penambah konsentrasi serta selalu latihan untuk berkonsentrasi.
Dibawah ini dijelaskan makanan dan minuman yang diketahui dapat meningkatkan konsentrasi. Untuk itu, konsumsilah makanan dan minuman tersebut setiap hari agar konsentrasi Anda tetap terjaga sepanjang hari.
1. Ikan
Ikan merupakan sumber protein dan kaya akan omega 3 yang sangat penting bagi kesehatan otak Anda. Mengonsumsi ikan dalam makanan Anda sehari-hari dapat menurunkan risiko demensia dan stroke, serta penurunan keadaan mental lainnya. Selain itu, ikan pun dapat membantu meningkatkan daya ingat, terutama pada lansia. Untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda dan otak Anda, konsumsilah Dua ekor ikan setiap minggu.
2. Kacang-Kacangan Dan Cokelat
Kacang-kacangan dan kecambah merupakan sumber antioksidan, yaitu vitamin E yang berfungsi untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif seiring dengan proses penuaan. Cokelat hitam juga memiliki kandungan antioksidan dan stimulant alami yang bekerja seperti kafein sehingga dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Konsumsilah 100 gram kacang dan cokelat hitam untuk memperoleh manfaat yang Anda inginkan tanpa memperoleh tambahan kalori, lemak atau gula.
3. Advokad
Advokad dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolestrol ahat (LDL). Makanan ini dapat menurunkan pembetukan plak dan memperlancar peredaran darah Anda serta meningkatkan kerja sel-sel otak.
4. Blueberry
Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan pada binatang, blueberry telah terbukti dapat melindungi otak dari kerusakan akibat berbagai radikal bebas dan mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan penuaan seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Penelitian ini juga menemukan bahwa blueberry dapat meningkatkan kemampuan belajar dan fungsi otot.
5. Kafein
Kafein dapat meningkatkan energi dan konsentrasi Anda. Kafein dapat ditemukan dalam kopi, cokelat, berbagai minuman energi dan beberapa obat-obatan. Kafein dapat menghilangkan rasa ngantuk Anda walaupun hanya bertahan dalam waktu singkat. Akan tetapi, konsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat Anda gelisah dan merasa tidak nyaman. oleh karena itu, Anda harus mengonsumsinya dalam batas yang wajar.
6. Air Putih
Air putih sangat membantu dalam upaya meningkatkan konsentrasi Anda, sebab jika tubuh kekurangan air maka otak Anda akan menjadi lesu. karena itu, sangat disarankan untuk selalu minum banyak air putih setiap hari. Sebab, di samping meningkatkan konsentrasi, air putih juga dapat menjadi terapi terhadap adanya kemungkinan berbagai penyakit.
7. Gula
Gula atau glukosa merupakan sumber tenaga otak Anda. glukosa ini diperoleh melalui karbohidrat atau gula yang Anda konsumsi. Meminum segelas minuman manis dapat meningkatkan kemampuan mental, berfikir dan daya ingat Anda walaupun hanya dalam waktu singkat. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan takarannya agar tidak terlalu banyak. Sebab, mengonsumsi gula terlalu banyak justru dapat mengganggu kemampuan daya ingat Anda.
8. Roti Gandum
Produk gandum utuh seperti sereal, kerupuk gandum atau roti gandum merupakan sumber utama karbohidrat yang sehat dan juga dapat meningkatkan konsentrasi di pagi dan siang hari. Orang yang makan sarapan sehat seperti gandum utuh dapat berkonsentrasi, waspada dan juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.
9. Ubi Jalar
Makanan lain yang kaya karbohidrat dan antioksidan adalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung dosis karbohidrat yang sehat tanpa menyebabkan terjadinya lonjakan gula. Aliran energi ini dapat membantu Anda tetap fokus selama berjam-jam dan juga akan menjaga kadar energi dalam tubuh Anda.
10. Bayam
Kandungan antioksidan, mineral dan zat besi menjadikan bayam sebagai salah satu sayuran yang ampuh untuk meningkatkan konsentrasi. Anda bisa makan bayam di hampir setiap jam makan, Misalnya mencampur bayam ke dalam omelet atau sandwitch di pagi hari dan menjadikannya sayur bening pada waktu siang atau malam hari.
11. Wortel
Sayuran segar berwarna oranye ini memiliki senyawa yang disebut luteolin. Fungsinya adalah untuk mengurangi peradangan otak dan membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Sebagai zat yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, leteolin juga banyak ditemukan pada paprika dan seledri.
12. Telur
Sarapan telur akan membuat Anda mengawali hari dengan baik. Kolin dan nutrisi lain yang terkandung di dalam telur juga meningkatkan fungsi otak. Makan telur secara teratur juga dapat melindungi otak dari penyakit degeneratif.
13. Yogurt
Bukan hanya kombinasi protein dan kalsium yang membantu Anda lebih fokus. Kandungan asam amino tyrosin dalam yogurt juga dapat membantu produksi hormon saraf dopamin dan noradrenalin. Keduanya meningkatkan kewaspadaan dan ingatan.
14. Pisang
Kandungan potasium, mangan, vitamin C dan serat yang tinggi dalam pisang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu produksi serotonin, norepinephrine dan dopamin untuk menambah konsentrasi.

Itulah makanan dan minuman penambah konsentrasi. Anda bisa mencobanya karena itu tidak terbuat dari zat yang berbahaya.
Semoga Bermanfaat.

 

 

sumber : https://ilmukukesehatan.blogspot.co.id/2015/10/14-makanan-dan-minuman-penambah.html

 

 

Advertisements
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: