7 cara menjadi pahlawan di hati anak

Beberapa tokoh pahlawan super rekaan seperti Batman dan Spiderman kerap menjadi idola anak-anak. Umumnya mereka melihat kekuatan yang dimiliki oleh para idolanya tersebut sebagai panutan yang wajib ditiru. Namun, supaya tidak sampai terpengaruh, orangtua harus mendampingi serta memberikan pengertian kepada anak-anak bahwa kekuatan yang dimiliki oleh pahlawan-pahlawan super tersebut tidaklah nyata dan hanya ada di dalam film.

Setiap orangtuapun juga bisa menjadi pahlawan bagi anak-anak. Bayangkan, Anda telah bekerja seharian untuk memenuhi kebutuhan keluarga, merawatnya ketika ia jatuh sakit atau menghiburnya tatkala sedang bersedih. Singkat kata, agar bisa menjadi “pahlawan super” orangtua tidak perlu memiliki kekuatan menakjubkan, hanya saja orang tua terlebih dahulu harus bersedia melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Bersedia bekerja dengan keras

Bekerja dengan keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga menjadi tugas dan tanggung jawab setiap orangtua. Ketika orangtua mampu menunjukkan teladan kerja keras kepada anak, maka secara otomatis mereka akan melihat jerih payah Anda sebagai sesuatu yang harus dihargai.

 

2. Selalu memiliki waktu untuk keluarga

Tidak peduli betapa sibuknya dengan pekerjaan, jika Anda selalu memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga maka hal tersebut akan membuat Anda semakin dicintai oleh anak-anak. Anak-anak sangat membutuhkan perhatian dari Anda, mereka ingin bermain bersama dengan Anda dan membangun hubungan dekat.

 

3. Perlakukan anak-anak dengan penuh kasih sayang

Hati anak-anak sangat lembut. Mereka mungkin kerap membuat Anda merasa jengkel, tetapi jika Anda mampu memperlakukan mereka dengan penuh kasih sayang maka hal tersebut akan terus terekam dengan kuat dalam ingatannya.

 

4. Perlakukan pasangan Anda dengan penuh cinta

Sebagai seorang anak tidak ada hal yang paling membahagiakan selain melihat kedua orangtuanya hidup dengan rukun. Hal ini saya alami sendiri, melihat bagaimana orangtua saya tetap mesra hingga masa tuanya membuat saya ingin melakukan hal yang sama dengan pasangan saya. Cintailah pasangan Anda dengan penuh kasih sayang dan tanpa syarat, dengan demikian anak-anak akan semakin mengagumi Anda.

 

5. Bersikaplah tegas dan murah hati

Karakter pahlawan umumnya memiliki sifat tegas dan suka menolong. Oleh karena itu, jangan pernah berbuat tidak jujur. Sepatutnya Anda ringan tangan memberikan bantuan, jangan terlibat dalam perbuatan kriminal dan yang lebih penting tetaplah hidup dengan bersahaja.

 

6. Hiduplah dengan penuh kesalehan

Agar semakin dikagumi oleh anak-anak jangan hanya melakukan hal-hal jasmani saja, tetapi lakukan juga hal-hal rohani seperti rajin beribadah, berpuasa, bersedekah, mengasihi orang lain, membantu fakir miskin, dan sebagainya.

 

7. Jadilah kreatif

Agar semakin dikagumi oleh anak hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah jadilah kreatif. Melihat orangtuanya ‘serba bisa’ seperti pandai membuat kerajinan tangan, pandai memasak, pandai membuat kue yang lezat, pandai membetulkan rumah pasti akan semakin membuat anak merasa bangga kepada Anda.

Betapa bahagianya Anda jika suatu hari anak-anak ditanya “Kelak ingin menjadi seperti siapa?” dan mereka menjawab dengan tegas, “ingin seperti ayah atau ibu”. Mungkin hal ini nampak berlebihan, tapi bagi anak-anak jika mereka memiliki pikiran semacam itu pastinya Anda telah menjadi pahlawan di hati mereka dan mereka betul-betul ingin mengikuti teladan yang selama ini telah Anda tunjukkan.

 

 

oleh : Intan Lolitasari

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: