Makan Perlahan Mengurangi Stres

Apakah Anda tahu jika makan dengan cepat tidak baik untuk kesehatan? Tak jarang juga saat ini kita tidak dapat menikmati makanan karena kesibukan sehari-hari. Padahal, makan dengan cepat dapat mengganggu sistem pencernaan dan menambah berat badan.

Kita lihat saja orang Perancis dan Jepang yang tampak lebih sehat dan segar, karena selama berabad-abad mereka telah memiliki budaya untuk benar-benar menikmati makanan mereka ketika sedang makan.

Berikut ini adalah 5 alasan utama mengapa Anda harus makan dengan perlahan:
1. Makan perlahan dapat mencegah makan secara berlebih dan mencegah penambahan berat badan.

Banyak pakar percaya bahwa makan cepat berhubungan dengan makan berlebihan. Biasanya otak memerlukan 15-20 menit untuk menerima informasi perut kita sudah penuh. Oleh karena itu, makan perlahan dapat membantu kita menghindari makan makanan tambahan dan mencegah makan makanan berkalori ekstra. Selain itu, menurut penelitian para ahli dari Energi Metabolism Laboratory di University of Rhode, makan perlahan dapat membuat kita makan lebih sedikit.
2. Makan perlahan dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Jika Anda memiliki kebiasaan makan perlahan, perut Anda akan memiliki cukup waktu untuk memproses dan mencerna makanan tersebut. Selain itu, makan perlahan selalu berhubungan dengan bagaimana mengunyah makanan dan air liur, yang dapat menyebabkan kerja sistem pencernaan menjadi lebih baik dan mengurangi beban pada sistem pencernaan.
3. Makan perlahan membuat makanan menjadi lebih nikmat.

Mulailah kebiasaan makan secara perlahan dengan mengonsumsi makanan favorit Anda, pizza misalnya. Rasakan tiap gigitannya dan belajar untuk menikmati apa yang sedang Anda makan. Jangan lihat dari jumlahnya, tetapi Anda harus mulai memperhatikan makan perlahan akan membuat makanan tersebut lebih lezat, sehat, dan alami.
4. Makan perlahan dapat mengurangi stres.

Makan dapat menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan, membawa energi positif, dan dapat meredakan rasa cemas. Cobalah untuk menikmati makanan Anda dan lupakanlah segala masalah Anda saat makan. Dengan cara tersebut Anda akan merasa lebih lega seperti setelah relaksasi.
5. Makan perlahan dapat membantu Anda untuk lebih memahami kehidupan.

Makan perlahan bukan saja membantu Anda untuk lebih menikmati rasa makanan, memperbaiki sistem pencernaan, dan membuat Anda lebih rileks. Hal ini juga akan mempermudah bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda. Jika memiliki waktu yang cukup saat makan bersama rekan ataupun keluarga Anda, ini adalah sebuah kemungkinan untuk lebih dekat dan berbagi berbagai hal dengan orang-orang di sekitar Anda.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: