Archive for November, 2010

Booting Linux, Fsck terus yang bikin frustasi

Memang terkadang, ada benarnya juga kalo saat booting, Linux melakukan pengecekan dan perbaikan sistem. Khususnya jika terjadi :

  • crash
  • ada tanda – tanda bad sector.

 

tapi juga akan bikin jengkel dan frustasi, kalo ternyata setiap booting, selalu ada proses check disc. Bikin lama menunggu.
Ini solusinya. Dengan harapan, FSCK bisa Anda lakukan sendiri secara manual alias tidak otomatis.

  • Cek file-file yang ada di ‘/etc/rcS.d/
  • Bisa juga dengan menekan tombol ‘CTRL+C’, sebelum proses FSCK terjadi.
  • Matikan service-nya. Dengan cara ‘sudo update-rc.d -f checkfs.sh remove’.
  • Silahkan edit ‘/etc/fstab’. Biasanya secara default, mount untuk ‘/’ bernilai ‘1 1’. Silahkan ubah menjadi ‘1 0’.

 

Pengalaman ini, saya dapatkan saat sedang mengembangkan distro LinuxBIASAWAE. Saat itu, dipasang pada komputer temen, yang sering tidak stabil listrik-nya. dan power supply, yang gak stabil juga. Dan telah saya terapkan pada distro lainnya, juga berhasil. Walaupun sebenarnya ada beberapa point lagi, yang belum aq pastikan keberhasilannya.

 

Semoga bisa bermanfaat.

 

Advertisements

2 Comments

Akhirnya SISFOKOL bentuk file web download, aq sediakan lagi…

Pada awalnya, file web SISFOKOL mulai rilis saat ini (v3.0,code:sawahsiring), akan aq gabungkan dengan LinuxBIASAWAE karyaku. Agar temen2 bisa langsung siap pakai, instalasinya.
Memang sih, untuk bundle dengan distro LinuxBIASAWAE racikanku ini, belum ada konten ekstra untuk SISFOKOL. Mulai dari WebMail, WAP, sampai dengan SMS Gateway.
Targetku adalah pada rilis tahun depan, v4.0, Insya Allah akan aq gabungkan juga dengan WebMail, Janissary, WAP, dan SMS Akademik. Saat ini, masih aq riset. Harapanku, pada bundle tahun berikutnya, temen2 bisa mudah dalam instalasi SISFOKOL dan beberapa konten layanan yang ada. Begitu juga, dalam manajemen perawatan sistem.

Dengan begitu, temen2 kini tetap bisa download SISFOKOL, terpisah dari LinuxBIASAWAE. Dan temen2 juga, tetap bisa mencoba SISFOKOL yang telah aq bundle dengan LinuxBIASAWAE, dengan download pada beberapa server berikut :
*http://www.idrepo.or.id/
*http://www.rumahilmu.org/
*http://www.baliexoticcoffee.com/
*http://kambing.ui.ac.id/
[nb.beberapa server, masih dalam perawatan. dan tahap upload].

tapi kalau temen2 kesulitan untuk download, bisa pesan paket DVD. cukup ganti biaya donasi burning dan ongkos kirim.
mohon saran dan kritiknya.
thanks. goodluck.

salam,

–Agus Muhajir–

LinuxBIASAWAE and SISFOKOL Developer.

2 Comments

Acara Penggalangan Dana untuk Korban Merapi

Segera acara penggalangan dana untuk korban merapi, oleh Komunitas LinuxBIASAWAE. Pertemuan besar pertama ini, antara para Kontributor, Distributor dan Pengguna. Akan bertempat di Kendal, Jawa Tengah.

mohon saran masukannya.

terima kasih.

salam,

-hajir–

1 Comment

%d bloggers like this: