Kenapa Kita Jatuh ?, Supaya Kita Belajar Berdiri Lagi

Dalam mengarungi kehidupan di dunia ini, kita pasti akan mengalami yang namanya jatuh bangun.Hal ini adalah wajar dan alami. Ini merupakan suatu seni kehidupan yang pasti dialami oleh semua orang. Tanpa adanya ini, hidup kita terkesan hambar dan membosankan.

Lalu apakah kita menciptakan keadaan semuanya itu, dimana kita selalu berdiri atau selalu jatuh?. Menurut saya, iya. Kita secara tidak sadar telah mengharapkan hal – hal tersebut. Tapi terkadang dari dampak yang ditimbulkan, baik itu berupa kesuksesan maupun kegagalan, kita kurang mengambil hikmahnya. Bisa dikatakan, kita semua terlalu mengambil hikmah jika kita sedang gagal atau dalam tahap keterpurukan. Dan tidak pada keadaan dimana kita sedang sukses atau berdiri. Alangkah baiknya dalam keadaan ini kita mensyukuri karunia yang ada, sehingga saat kita jatuh, tidak terlalu berat. Atau paling tidak saat kita jatuh tidak bertubi – tubi. Dan tidak jatuh, tertimpa tangga lagi.

Kita lihat satu sisi dahulu yang paling dominan, yakni saat kita jatuh, gagal atau terpuruk. Saat kita sedang jatuh, harusnya kita cepat – cepat menyadarinya. Seperti mempelajari hikmah yang ada dan cepat berpikir dan bergerak untuk berdiri lagi. Meratapi nasib hanyalah menatap masa lalu, sedangkan masa depan akan berbeda dengan sekarang. Maka dari itu, jika diantara kita sedang jatuh, cobalah untuk introspeksi diri dan bergegaslah untuk bangun. Karena kita hidup adalah berani menerima tantangan yang ada. Baik itu tantangan jaman, ekonomi, intelektual dan lain sebagainya.

Benarkah seperti itu?.

***Agus Muhajir. (Kendal, 14 Mei 2006).

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: